Gaya Rumah Joglo di Lahan Sempit

3 Trik Menciptakan Ruang Tamu Luas Gaya Rumah Joglo di Lahan Sempit

Ruang tamu pada rumah joglo seringkali diadaptasi pada hunian modern. Hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat memiliki lahan yang sempit. Namun itu bukan halangan untuk bisa menciptakan sebuah ruangan yang tampak super luas. Ada banyak sekali desain ruang tamu dengan gaya rumah joglo yang bisa diterapkan.

Aspek utama yang harus ada adalah kayu, baik untuk tiang penyangga atap dan juga rangka atap. Semuanya akan terlihat dan di cat dengan pernis. Ada beberapa bagian lain yang bisa diterapkan untuk memperlihatkan bahwa ruang tamu terlihat sangat luas.

Pertama adalah ketinggian atap, kedua sekat ruangan dan terakhir penataan ruangan. Melalui ketiga unsur ini lah Anda bisa menciptakan ruang tamu lebih luas dari pada ukuran sebenarnya. Jika Anda sering menjamu tamu dalam jumlah banyak, maka cara-cara ini perlu dipraktekkan.

Secara umum Anda harus memperhatikan pemilihan jenis kayu, plafon, sekat ruangan. Cobalah untuk menanyakan ke toko plafon Jakarta terdekat jenis plafon yang cocok untuk rumah joglo. Sedangkan jenis kayu yang digunakan haruslah kuat dan merupakan kayu solid tahan rayap dan jamur.

Khusus sekat ruangan Anda harus memilih  bahan yang tipis seperti gypsum agar tidak menghabiskan ruang. Saat ini sudah banyak tempat jual partisi gypsum murah yang berkualitas sehingga dapat menghemat budget Anda. Ruang tamu akan tampak luas dengan ketiga bahan yang Anda tentukan sejak awal tersebut.

Trik Mudah agar Ruang Tamu Tampak Luas

Apakah langkah yang harus dilakukan ketika hendak membuat ruang tamu tampak super luas daripada aslinya? Memilih ruang tamu gaya rumah joglo sudah tepat karena disinilah ruangan tidak tampak sempit. Seperti yang sudah disampaikan, ada 3 aspek yang harus diterapkan dalam ruang tamu ala joglo.

Aspek tersebut merupakan trik yang harus Anda terapkan pada pembuatan ruang tamu super luas. Berikut ini pembahasan lebih lanjut mengenai trik tersebut.

  • Ketinggian atap

Rumah modern biasanya menerapkan atap yang pendek dengan plafon dipasang rendah sehingga menciptakan ruangan di bawah atap. Anda tidak boleh menerapkan cara tersebut, plafon harus dipasang menempel pada atap. Sehingga atap akan menjadi lebih tinggi daripada biasanya.

atap rumah joglo

 

Plafon yang menempel harus dipilih yang benar-benar kuat. Jadi jangan sampai salah pilih ketika Anda membelinya di toko plafon Jakarta terdekat. Cirinya adalah tahan terhadap perubahan cuaca dan juga jamur. Karena dekat dengan atap maka akan lebih rentan terkena jamur.

  • Pemilihan sekat ruangan

Seperti yang sudah disampaikan, gypsum adalah jenis sekat ruangan yang tepat. Gypsum lebih tipis dibandingkan jika Anda membangun sekat dari batu bata yang disemen. Otomatis ruang tamu akan memiliki wilayah yang lebih luas. Di tempat jual partisi gypsum murah Anda bisa mendapatkan berbagai ukuran gypsum.

Jangan khawatir walaupun tipis, gypsum memiliki kekuatan penopang yang sangat baik. Tidak hanya itu, gypsum juga tahan terhadap air, Anda cukup mengecatnya dengan cat anti air dan anti jamur.

  • Penataan ruang tamu

Kunci terakhir ruang tamu terlihat super luas adalah bagaimana Anda menatanya. Pilih furniture berukuran kecil dan jaga seminimalis mungkin. Anda bisa memilih kursi kayu dengan ukiran namun tetap jaga ukurannya tidak terlalu besar. Sama halnya dengan pemilihan coffee table.

Kursi dan meja tamu harus memiliki nuansa yang sama, pilih meja yang berukuran lebih kecil. Jika ingin menambahkan dekorasi, cukup lukisan satu atau dua lukisan saja. Tetap perhatikan ukurannya, gunakan satu lukisan jika berukuran besar hampir sama dengan dinding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *