Cara Merawat Kamera CCTV

5 Cara Merawat Kamera CCTV Agar Awet

Walaupun jarang sekali tersentuh tangan, tetapi kamera CCTV terkadang mengalami kerusakan dan membuat banyak orang resah. Hal itu karena ketika kamera CCTV terdapat kerusakan akan mempengaruhi kinerjanya dan menimbulkan kerusakan yang fatal jika tidak diatasi. Mengingat termasuk elektronik, kamera CCTV sebaiknya perlu diistirahatkan secara berkala agar sistemnya tidak cepat rusak.

Selain itu diperlukan perawatan secara optimal agar kinerjanya selalu optimal. Umumnya, banyak orang menugaskan kamera CCTV aktif selama 24 untuk merekam semua kegiatan yang ada diruangan untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Padahal hal itu membuat kinerja kamera CCTV melambat dan cepat rusak, bahkan bisa saja rakaian kejadian yang sudah terekam pada CCTV terkadang hilang akibat kerusakan kamera CCTV.

Cara Merawat Kamera CCTV

Sejatinya, diperlukan cara khusus merawat kamera CCTV agar awet. Tujuannya agar tidak dilakukan perbaikan secara terus menerus atau harus membeli kamera CCTV yang baru dan membuat pengeluaran membengkak, lebih baik merawat kamera CCTV agar awet. Untuk itu dibawah ini ada 5 cara merawat kamera CCTV yang dapat dicoba, diantaranya adalah:

1. Merawat Komponen Kamera CCTV

Sudah sepatutnya komponen-komponen pada kamera CCTV dirawat secara berkala agar mengetahui tatkala ada kerusakan pada salah satu komponennya. Apalagi komponen kamera CCTV diantaranya adalah konektor, DVR kabel dan lain-lain yang terkadang menghambat kinerja kamera CCTV jika terlalu panas akibat pemakaian yang melebihi batas. Selain itu memastikan kabel masih menancap pada DVR atau tidak juga wajib diperhatikan, tetapi bagi yang awam merawat komponen kamera CCTV dapat menggunakan jasa instalasi listrik agar perawatannya maksimal.

2. Backup Rekaman

Cara merawat kamera CCTV dengan backup rekaman CCTV membuat pemilik CCTV tenang karena tidak akan kehilangan rekaman yang penting lantaran rekaman tersebut sudah anda simpan. Apalagi jika semua rekaman penting untuk disimpan, anda dapat melakukan backup rekaman CCTV secara menyeluruh, usahakan backup dilakukan secara rutin agar kinerja kamera CCTV tidak melambat.

3. Membersihkan Komponen CCTV

Komponen CCTV sangat beragam dan harus dibersihkan secara rutin agar menghasilkan gambar yang jernih. Diantara komponen yang harus dibersihkan itu adalah monitor, housing, Drive unit, monitor dan lain-lain agar kebersihannya tetap terjaga dan bebas debu. Perawatan ini sangat diperlukan untuk kamera CCTV outdoor lantaran berada di luar ruangan yang selalu terkena debu dan polusi,pastinya lensa CCTV cepat kotor. Walaupun terkesan sepele, membersihkan komponen CCTV cukup sulit dan tidak semua orang dapat melakukannya sehingga membutuhkan kontraktor mekanikal elektrikal agar kebersihannya sempurna.

4. Mengecek Pengaturan CCTV

Kesibukan yang beragam terkadang membuat orang melupakan pengaturan kamera CCTV yang harus dicek. Padahal tujuan pengecekan pengaturan CCTV sangat penting demi menjaga keawetan kamera CCTV, selain itu caranya mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Yaitu gunakanlah mode rekaman kamera CCTV agar diatur optimal agar hasil rekaman berkualitas dan tidak ada yang buram atau hilang akibat adanya kerusakan komponen kamera CCTV.

Apabila kamera CCTV mengalami kerusakan memang mengkhawatirkan. Pasalnya jika kejadian tak diinginkan tidak dilihat oleh orang, hanya kamera CCTV yang mengetahui semua kejadian berurutan pada ruangan yang dipasangi CCTV. Untuk itulah kamera CCTV harus dirawat dengan baik karena tanpa kamera CCTV, instansi perusahaan dan segala jenis bangunan yang memiliki hal penting akan kualahan. Untuk itu ke 4 cara diatas dapat dijadikan pembelajaran dalam merawat kamera CCTV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *