Berbagai Keunggulan Pintu UPVC

Harga Pintu UPVC yang Paling Mahal Serta Berbagai Keunggulannya

Hingga sekarang, dikenal 3 material utama yang dapat digunakan sebagai bahan pembentuk kusen pintu dan jendela dalam dunia konstruksi. Material pertama adalah kayu, yang kedua adalah alumunium, dan yang ketiga adalah material UPVC. Kusen dan pintu UPVC sendiri adalah salah satu material yang populer belakangan ini dikarenakan berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Keunggulan Material Kusen dan Jendela UPV

UPVC adalah singkatan dariĀ Unplasticized Polyvinyl Chloride yang merupakan istilah untuk menyebutkan material turunan dari bahan plastik yang mengalami berbabagai perubahan sifat. Sifat yang paling utama ditiadakan dalam materi UPVC adalah kelenturan dan sifat plastiknya sendiri. Dengan hilangnya sifat lentur, maka material UPVC kemudian dapat menjadi lebih keras, kuat dan tahan terhadap benturan dengan massa tertentu.

Yang membuat bahan UPVC menjadi lebih ideal untuk material kusen atau jendela pada dunia konstruksi adalah karena bahan ini pada umumnya di isi pula dengan material besi galvanis yang membuatnya lebih lurus dan tegak. Sementara untuk keunggulannya sendiri, UPVC diklaim sebagai salah satu material paling ideal sebagai kusen untuk pintu dan jendela dalam konstruksi modern.

Lalu apa saja sih keunggulan material UPVC dibandingkan misalnya material kayu atau alumunium yang sudah dikenal lebih populer sebagai bahan kusen? Berikut adalah beberapa di antaranya;

  • Eco Friendly (Ramah Lingkungan)

Keunggulan paling signifikan dari UPVC adalah karena material ini sangat ramah lingkungan. Bahan UPVC merupakan material yang dapat didaur ulang sehingga dari sisi lingkungan bahan ini tidak akan menjadi alasan penebangan pohon dan hutan. Bahkan lebih jauh, UPVC dikenal sebagai material pengganti kayu yang paling memenuhi syarat.

  • Tahan Lama dan Kuat

Bahan UPVC dikenal anti rayap dan tahan terhadap cucaca. Perawatan dari bahan ini pun mudah dilakukan. Dengan keunggulan ini material UPVC dapat bertahan bahkan hingga puluhan tahun sebagai penyangga konstruksi kusen yang kuat.

Berbagai Keunggulan Pintu UPVC

  • Multipoint Lock

Keunggulan selanjutnya dari kusen pintu atau jendela dari bahan UPVC adalah multipoint lock yang memungkinkan bahan ini untuk dikunci dari luar dan dari dalam rumah. Dengan teknologi multipoint lock ini, kekhawatiran bahan UPVC akan dengan mudah dapat dibuka paksa dari sisi luar dapat dihilangkan.

  • Kedap Suara

Selanjutnya yang menjadi keunggulan kusen UPVC adalah bahan ini sangat mampu meredam suara dari luar mau pun dalam rumah. Suara berisik dari luar rumah yang dapat diredam misalnya akan membuat penghuni lebih nyaman dan tenang. Sementara suara dari dalam ruangan juga tidak akan pecah hingga ke luar ruangan.

  • Anti Leaking dan Free Design

Keunggulan selanjutnya lagi dari bahan UPVC adalah material ini merupakan bahan yang anti bocor atar anti leak. Pada bahan aluminium misalnya seringkali dijumpai kebocoran yang merembes dari sambungan sudut kusen, sementara untuk bahan UPVC hal ini sangat jarang terjadi.

Lalu material UPVC juga sangat mudah dibentuk sesuai dengan keinginan, kusen berbentuk melingkar atau melengkung pun bisa dibuat dengan material ini. Hal ini tentu berbeda dengan kusen aluminium yang cenderung statis.

Kisaran Harga Kusen Pintu Dan Jendela UPVC

Untuk harga sendiri, harga material UPVC biasanya ditetapkan berdasarkan ukurannya, mereknya, hingga modelnya. Namun pada umumnya untuk harga kusen bahan UPVC berkisar antara Rp, 200.000 hingga Rp, 400.000 per meternya.

Tingkat perbedaan harga untuk bahan kusen jendela dan pintu UPVC juga kadang dipengaruhi oleh jenis dan warnanya. Misalnya untuk UPVC serat kayu dijual dengan Rp, 240.000 per meter, untuk UPVC hitam atau coklat Rp, 190.000 per meter, sementara untuk yang berwarna putih dibandrol dengan kisaran harga Rp, 170.000 setiap meternya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *