Cara Membuat Langit - Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Ini Nih Cara untuk Membuat Langit – Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Desain rumah yang menarik dan elegan, tentu sangat diidam idamkan oleh semua orang. Sehingga berbagai cara pun dilakukan untuk mempercantik interior rumah. Penggunaan plafon sebagai langit-langit, bisa jadi solusi terbaik untuk membuat ruangan tampil lebih elegan. Karena sekarang ini kehadiran langit-langit rumah tak hanya berfungsi sebagai penutup atap, tapi juga memberikan keindahan tampilan pada interior.

Apalagi jenis plafon yang tersedia di pasaran pun sangatlah beragam, yang memudahkan anda untuk berkreasi dalam menampilkan hunian yang elegan seperti plafon GRC, kayu, ataupun kaca. Nah, untuk mendapatkan langit-langit seperti ini, tentunya anda harus memperhatikan bagaimana cara pembuatannya secara tepat. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Mari perhatikan penjelasan berikut!

Cara Membuat Langit – Langit untuk Rumah yang Lebih Elegan

Seringkali orang orang melakukan kesalahan dalam membuat langit-langit, sehingga memberikan tampilan yang kurang maksimal dan tidak sesuai dengan konsep ruangan. Maka dari itu, anda perlu mengikuti cara pembuatan langit-langit seperti di bawah ini.

1. Membuat desain dan model langit-langit yang tepat

Cara Membuat Langit - Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Ada banyak model dan desain langit-langit yang bisa anda kreasikan pada ruangan. Perhatikan kesesuaian variasi yang anda pilih dengan konsep atau gaya rumah, agar membuat tampilannya tampak elegan. Karena setiap model langit langit memiliki keunikan tersendiri, yang tak semua jenis rumah cocok untuk mengaplikasikannya. Misalnya saja model langit-langit variasi void, cocok diterapkan pada rumah dengan lantai bertingkat. Jika anda menerapkannya pada rumah dengan satu lantai, tentu tampilannya akan terlihat biasa biasa saja.

2. Menentukan material yang akan digunakan

Cara Membuat Langit - Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Beberapa orang mungkin hanya membuat langit-langit dari bahan semen acian. Padahal anda bisa menambahkan material pendukung yang akan memberikan kesan elegan seperti balok kayu, kaca, ataupun plafon GRC. Penambahan balok kayu cocok untuk digunakan pada hunian dengan konsep tradisional, industrial, maupun vintage. Sedangkan langit-langit dari GRC dan gypsum bisa digunakan untuk rumah minimalis, modern, ataupun rumah bergaya klasik.

3. Memperhatikan ketinggian langit-langit

Cara Membuat Langit - Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Perlu anda tahu, bahwa ketinggian langit-langit akan sangat mempengaruhi kenyamanan di dalam rumah. Karena semakin tinggi langit-langit, sirkulasi ruangan akan semakin baik dan suhunya juga semakin sejuk. Dari sisi tampilan, langit langit yang tinggi akan memberikan kesan elegan dan futuristik pada ruangan. Untuk langit-langit yang tinggi, anda dapat menerapkannya pada ruang tamu ataupun ruang keluarga. Sementara plafon dengan ketinggian rendah, sebaiknya terapkan pada area dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan juga ruang bersantai.

4. Penggunaan lampu sorot atau lampu tempel di langit-langit

Cara Membuat Langit - Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Mungkin saja anda pernah memperhatikan dibeberapa rumah menggunakan jenis lampu sorot ataupun lampu yang menempel pada langit langit. Penempatan lampu tanpa gantungan ini akan memberikan daya tarik tersendiri, serta menambah kehangatan pada hunian. Untuk langit langit dari kayu, kaca, ataupun tripleks, lampu bisa anda tempelkan di permukaannya. Sedangkan untuk plafon GRC atau gypsum, anda bisa membuatkan tempat khusus lampu agar terlihat tertanam pada langit-langit.

5. Warna langit-langit yang memberikan tampilan elegan

Cara Membuat Langit - Langit Rumah Agar Tampak Lebih Elegan

Warna langit-langit akan sangat berpengaruh terhadap tampilan hunian, sehingga anda harus menentukan warna yang tepat. Pilihlah warna seperti gold, warna warna netral, ataupun warna soft sesuai dominasi warna di ruangan anda. Hindarilah pemilihan warna terang kontras, yang justru akan menghilangkan kesan elegan pada langit-langit.

Itulah tadi cara membuat desain langit-langit untuk ruangan, agar tampil lebih elegan dan enak dipandang. Cara di atas biasa anda ikuti, dan segera dapatkan tampilan rumah yang anda idam-idamkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *