Kanopi Baja Ringan dan Kanopi Besi

Kanopi Baja Ringan dan Kanopi Besi, Pilih yang Mana?

Ketika membeli rumah di perumahan, wujud rumah asli belumlah sempurna. Anda perlu menambahkan beberapa bagian rumah salah satunya adalah kanopi. Ada dua jenis material pembuatan yang bisa digunakan yaitu kanopi baja ringan atau kanopi berbahan besi. Keduanya tentu sering menjadi perdebatan dan cukup membuat bingung untuk dipilih.

Baik itu besi dan baja ringan sama-sama material yang sangat kuat untuk dibandingkan. Namun tetap saja keduanya memiliki perbedaan pada bagian kualitas material tampilan hingga perawatannya. Untuk itu anda perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing material ini.

Perbandingan Kanopi Baja Ringan dan Kanopi Besi

Material kanopi dari besi memiliki karakteristik utama yaitu berat karena terbuat dari besi pipa (besi hollow). Sedangkan baja ringan memiliki karakter bobotnya yang ringan karena dibuat dari logam ringan sehingga bentuknya pun lebih tipis. Walaupun tipis, kekuatannya tidak bisa diremehkan dari material besi.

Bagaimana dengan harga kanopi baja ringan dibandingkan kanopi besi? Lalu manakah kualitas material kanopi yang paling bagus? Ketahui masing-masing kelebihan serta kekurangannya dari perbandingannya berikut ini.

1. Proses pemasangan

Perbandingan pertama yang sangat terlihat jelas adalah pada saat pemasangannya. Keduanya sama-sama membutuhkan tukang profesional untuk membangun kanopi. Bedanya adalah untuk baja ringan proses pemasangan lebih sederhana dan bisa dilakukan di rumah atau dirakit di tempat lain kemudian dipasang. Tidak butuh waktu lama dalam pemasangan kanopi ini. Setiap rangkaian profil kanal C hanya akan disambung dengan sekrup dan baut.

Berbeda dengan kanopi dari besi yang membutuhkan waktu pemasangan lebih lama penggabungan antar siku membutuhkan proses las. Untuk mengelas dibutuhkan peralatan khusus dan juga perlu dirakit di bengkel las. Cukup rumit dan inilah yang menyebabkan pemasangan lebih lama.

2. Tahapan pemeliharaan

Pemeliharaan juga sering menjadi bahan pertimbangan yang utama. Untuk perawatan baja ringan anda tidak perlu khawatir karena tidak membutuhkan biaya banyak untuk merawatnya. Tampilan dari kanopi akan tetap sama karena kemampuan baja ringan menghadapi perubahan suhu udara, jadi tak perlu juga tahapan pengecatan ulang.

Jika menggunakan kanopi besi anda harus melakukan perawatan rutin yaitu pengecatan setiap beberapa tahun sekali. Hal ini disebabkan lapisan cat pada besi mudah mengelupas karena tidak tahan terhadap perubahan cuaca terus menerus. Walaupun begitu, material besi cukup tahan terhadap terpaan angin dan gempa.

3. Ketahanan terhadap karat

Karat selalu menjadi masalah utama ketika pemilik rumah menggunakan material logam untuk kanopi. Tetapi jika anda menggunakan baja ringan tak perlu takut soal karat karena di dalamnya sudah terdapat kandungan zinc dan zinc aluminium yang berfungsi sebagai bahan anti karat. Ditambah lagi dengan harga kanopi baja ringan lebih murah dibandingkan besi akan menjadi keuntungan tersendiri.

Bahan besi untuk kanopi sangat rentang terhadap karat apalagi setelah cat yang digunakan mengelupas. Inilah alasan perawatan dari kanopi besi lebih rutin dengan mengulangi lapisan cat. Jenis cat yang digunakan juga tidak boleh sembarangan, harus yang mengandung bahan anti karat.

4. Kemampuan bongkar pasang

Mudahnya untuk dibongkar pasang adalah kelebihan yang hanya dimiliki oleh baja ringan saja. Hal ini terlihat dari pemasangan strukturnya yang hanya menggunakan sekrup dan baut saja. Keunggulan ini memungkinkan anda untuk memasang kanopi di tempat lain apabila pindah rumah.

Sedangkan kanopi besi tidak dapat dibongkar pasang karena setiap sambungannya sudah direkatkan dengan sistem las. Sekali membuat bentuknya akan selamanya sama. Oleh karena itu setiap pembuatannya harus dipertimbangkan masak-masak.

Dilihat dari perbandingan kanopi baja ringan dan besi ini manakah yang hendak anda gunakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *