Kekurangan dan Kelebihan Ball Valve

Kekurangan dan Kelebihan Ball Valve

Dalam dunia industri, ball valve sering digunakan karena memang sangat berguna sekali terutama untuk menahan suhu dan tekanan pada mesin serta peralatan lainnya seperti gas alam dan hidraulik. Valve jenis ini juga mampu menahan suhu hingga 250 ° C dan tekanan yang sangat tinggi hingga 1000 barr tergantung pada material pembuatannya. Tak hanya itu saja, valve ini juga mudah dalam hal perawatan serta perbaikan.

Memang banyak yang masih bingung saat membedakan antara ball valve dengan globe valve karena keduanya memiliki nama serta bentuk yang sangat mirip. Namun sebenarnya tak sulit untuk membedakan kedua jenis valve ini, sebab ada perbedaan yang cukup mencolok diantara keduanya.

Perawatan yang mudah, membuat ball valve sering digunakan dalam dunia industri.

Banyak yang bertanya apa kelebihan serta kekurangan dari valve bola ini, tapi sebelum masuk pada pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui apa itu valve bola. Sesuai namanya valve ini berbentuk disc bola yang memiliki lubang dibagian tengahnya, dan berfungsi untuk mengontrol aliran dalam sistem perangkat pipa.

Valve bola ini sering sekali digunakan dalam dunia industri karena sangat multifungsi, valve bola biasanya dibuat dari material seperti keramik, plastik, maupun logam. Tetapi untuk membuatnya lebih tahan lama, banyak valve bola yang dilapisi dengan chrome.

Sebelum memilih, sebaiknya kamu ketahui tipe – tipe dari ball valve.

Valve bola juga terdiri dari dua tipe, yaitu:

  • Full Bore

Full bore ini adalah salah satu tipe valve bola yang memiliki lubang dengan diameter yang sama antara lubang dan pipa. Biasanya tipe valve seperti ini digunakan untuk pipeline, production manifold, dan blow down.

  • Reduced Bore

Untuk valve tipe reduced bore ini, lubang yang ada di tengah pipa ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan diameter pipa. Seperti misalnya, ukuran pipa 4 inchi maka ukuran lubang bolanya 3 inchi.

Ball valve termasuk ke dalam jenis rotary valve yang sistem kerjanya berputar atau rotary, biasanya valve bola ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil serta ringan. Valve bola ini juga memiliki risiko kerusakan yang sangat minim karena gesekan yang tercipta di permukaan sangat kecil.

Valve yang berbentuk bola ini dimanfaatkan dalam dunia industri untuk  pengendalian aliran atau flow control, shut off, mengendalikan tekanan atau pressure control, dan juga menahan suhu atau temperatur yang cukup tinggi.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi serta manfaat dari valve bola ini, sekarang saatnya kamu mengetahui kelebihan serta kekurangan dari ball valve seperti berikut.

Kelebihan

  • Lebih awet karena jarang sekali terjadi kebocoran.
  • Ukurannya lebih kecil sehingga lebih ringan dibandingkan dengan valve jenis lainnya.
  • Mudah untuk dibuka dan lebih aman karena tidak mudah terkontaminasi zat atau benda lain.
  • Risiko kehilangan tekanan sangat rendah.
  • Acurator yang digunakan memiliki torsi kecil.
  • Harga serta perawatannya lebih murah dibandingkan jenis valve lainnya.

Kekurangan

  • Gesekan yang timbul antara disc ball ini bisa menimbulkan kerusakan pada seat.
  • Sistem sambungan pipa rentan mengalami kerusakan karena adanya tekanan besar pada saat membuka handel.
  • Memiliki kualitas yang kurang baik jika digunakan untuk throttling pada beberapa karakteristik aliran.
  • Risiko bola terkikis karena adanya aliran tinggi juga cukup besar.

Pastikan untuk memilih valve sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Dapatkan harga ball valve terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *