Kelebihan Bahan UPVC

Benar-benar Unik, Inilah 5 Kelebihan Bahan UPVC yang Sangat Menguntungkan!

Di era industri 4.0 ini setiap bidang indsutri dan teknologi seakan berlomba untuk menciptakan inovasi baru yang semakin canggih dan modern. Hal itu juga berlaku pada industri di bidang kontruksi dan interior. Jika di masa lalu penggunaan material kayu sangat dibutuhkan dan begitu populer untuk pembuatan kusen, kini penggunaan material kayu eksistensinya sedikit berkurang dengan hadirnya beragam material yang memiliki kelebihan serta keunikan yang jauh lebih menguntungkan. Dan salah satunya yang kini begitu populer yaitu adalah kusen UPVC.

Bagi Anda yang bergelut di bidang kontruksi dan interior, tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan UPVC ini. UPVC yang merupakan kepanjangan dari Unplasticised Poly Vinyl Chloride terbuat dari bahan alami sejenis thermoplastik yang memiliki struktur kuat serta tekstrur yang halus. Meski sebagian orang sering beranggapan bahwa bahan UPVC ini mirip dengan bahan PVC, namun keduanya memiliki perbedaan yang ternyata cukup signifikan. Jika UPVC merupakan material sejenis thermoplastik, maka PVC merupakan material sejenis pipa yang bobotnya lebih berat dibandingkan UPVC.

Uniknya lagi, meski UPVC memiliki bobot yang ringan namun strukturnya tidak kalah kuat dengan material PVC atau material lainnya. Bahkan jika dibandingkan dengan kusen kayu, kusen UPVC memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya, dan salah satunya yaitu karena harganya yang jauh lebih murah dan terjangkau. Adapun mahalnya kusen kayu sebenarnya merupakan hal yang wajar, mengingat material kayu merupakan hasil alam yang terbatas pengelolaannya.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang kelebihan bahan UPVC yang unik dan sangat menguntungkan. Simaklah uraiannya berikut ini!

5 Kelebihan Bahan UPVC yang Unik dan Menguntungkan

1. Material yang Ramah Lingkungan

Kelebihan Bahan UPVC

Bahan UPVC terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan yakni sejenis thermoplastik. Thermoplastik merupakan material yang berasal dari unsur minyak bumi dan juga garam. Dengan tanpa adanya zat kimia yang berbahaya, penggunaan kusen UPVC senantiasa akan membuat suatu hunian menjadi aman, sehat dan tentunya nyaman.

2. Tahan Terhadap Suhu Panas dan Api

Kelebihan Bahan UPVC

Bahan UPVC sangat unik dan berbeda dari yang lain, meski penampakannya mirip seperti bahan plastik pipa yang mudah terbakar namun siapa sangka justru bahan UPVC memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap suhu panas dan juga api. Saat terjadi kecelekaan berupa kebakaran, bahan UPVC akan meminimalisir penyebaran api sehingga tidak mudah untuk menyebar keseluruh ruangan.

3. Bebas Rayap dan Korosi

Kelebihan Bahan UPVC

Meski tidak berbobot berat seperti besi besi dan kayu, UPVC merupakan material yang bebas dari rayap dan juga korosi. Bila terkena air dengan intensitas yang cukup tinggi, bahan UPVC tidak akan menjadi lembab, keropos, ataupun berkarat. Dan itulah yang membuatnya sangat unik dibandingkan dengan material lainnya.

4. Memiliki Ketahanan yang Baik dalam Segala Cuaca

Kelebihan Bahan UPVC

Dalam berbagai hunian, kusen UPVC akan diaplikasikan pada pintu dan jendela yang berada diluar ruangan. Hal tersebut merupakan langkah yang tepat karena bahan UPVC memiliki ketahanan yang baik terhadap segala cuaca. Bila terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus, UPVC tidak akan mengalami perubahan bentuk ataupun warna. Dan saat terjadi hujan ataupun cuaca dingin yang cukup ekstrim, bahan UPVC pun akan tetap berkualitas dan tidak mengalami perubahan sedikit pun.

5. Mampu Meredam Kebisingan

Bahan UPVC tidak hanya sekedar ringan dan kuat, menariknya lagi bahan UPVC ini memiliki kemampuan yang sangat unik di mana kehadirannya ternyata mampu meredam suara bising dengan sangat baik. Tak heran penggunaannya di area perkantoran, sering di aplikasikan pada pintu dan jendela di ruang kerja, ruang meeting atau ruangan lainnya yang membutuhkan suasana ketenangan dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *