Kiat Mudah Rawat Movable Partisi Untuk Fungsi Optimal Setiap Saat!

Sekat ruangan di bangunan besar seperti kantor dan sekolah sedikit berbeda. Lazimnya justru bukan palai pintu lipat atau pintu geser dan lebih cenderung lebih besar dan tebal karena untuk kebutuhan ruangan yang lebih besar. Partisi geser fungsinya sama saja seperti penyekat ruangan atau partisi rumahan, untuk membagi dua sebuah ruangan yang besar. Namun, ukurannya lebih besar dan lebar dan tambahan lain dari partisi jenis ini adalah fitur peredam suara untuk kenyamanan dalam kantor. Karena fungsi tersebutlah, partisinya lebih tebal, dan perawatannya jadi lebih ekstra.

Merawat Partisi Geser Agar Tahan Lama

Karena jadi bagian dari dekorasi kantor atau sekolah, penggunaannya juga jadi bergantian tergantung yang memakai ruangan tersebut. Sehinnga jangan kanget, kalau banyak yang tidak memperdulikan perawatannya dan cukup bisa pakai saja. Jangan dong, semua orang bisa kok sedikit concern dengan lingkungan sekitar dan perangkat kantor yang digunakan dengan sedikit pengetahuan. Kondisi partisi atau movable partition bisa awet untuk jangka waktu lama dengan perawatan yang sesuai seperti berikut.

1. Cara Membuka

Partisi ini berukuran besar tapi tetap saja pengaplikasiannya harus hati-hati. Karena justru beban yang besar itulah jadi ketika membuka partisi perlu ekstra perhatian. Menyandar partisi antara satu dan lainnya bisa merusak panel partisinya karena keberatan beban diri. jadi, walau terlihat kokoh, jangan berasumsi semua bisa ditumpuk tersandar. Bahkan ada partisi dari PVC yang cenderung lebih terjangkau namun tidak sekuat partisi lainnya.

2. Pengecekan Bagian-bagiannya

Cek Roda, Railing dan bagian atasnya. Selalu mengecek bagian yang cenderung dapat jadi macet atau ngadat cukup mudah karena bisa terasa dari kemulusan proses bula tutupnya. Anda cukup menggunakan pelumas agar tidak terjadi karatan yang mengangu dan buat sulit dibuka, dilipat, dan ditutup.

3. Perlakuan Kala Tertutup

Ketika partisi sudah dipasang, sepintas terlihat seperti dinding biasa. Buat peringatan bagi orang atau tamu yang berkunjung untuk tidak bersandar pada bagian dinding yang ternyata adalah partisi. Walau bentuknya sudah dibedakan misalnya pakai kaca atau kayu, tetap perlu ada info pada orang yang tidak biasanya menggunakan ruangan untuk lebih hati-hati.

4. Segera Perbaiki Kala Ada Kerusakan

Ada roda yang macet atau cat mengelupas? jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa merusak bagian lainnya. Selihat terlihat tidak bagus untuk dipandang, semua jenis kerusakan barang bisa menjadi parah bila tidak ditangani segera.

5. Hati-hati Ketika Buka-Tutup

Berhati-hatilah kala pakai perangkat bersama. Ketika coba buka, menggeser dan merekatkan kembali partisi di kantor atau sekolah yang digeser perlu ekstra hati-hati. Walau terlihat tebal dan kokoh, justru karena bentuknya itulah bisa rusak karena penaruhan beban berlebihan.

6. Redam Suara

Walau kantor dan sekolah tidak harus full silence seperti berada diperpustakaan, tapi untuk kemulusan bisa digunakan penahan benturan pada partisi. Benda dari busa atau karet diujung panel bisa meredam suara saat pintu diaplikasikan, terutama kala frame dan kusen pintu bertemu. Rekatkan sepanjang tepi partisi geser tersebut, atau ditempelkan pada panel kusen pintu.

7. Pembersihan Rutin

Kalau material yang mudah kotor seperti kaca pembersihan harus lebih rutin. Namun, biasanya area meeting dilengkasi AC dan ventilator sehingga penumpukan debu bisa diminimalisir sehingga pembersihan tidak terlalu sering seperti dirumah sendiri atau ruangan tanpa AC. Banyak yang jual movable partition murah dan terjangkau dengan pembersihan yang lebih simple. Material yang mahal cenderung butuh perhatian khusus.

Partisi geser dari berbagai material baik kayu, kaca atau bahan lainnya memiliki perawatan yang berbeda. Ada material yang cenderung cepat buran, kropos atau berkarat. jadi selain merawat bagian partisinya juga jangan melupakan perawatan materialnya. Aktifitas kantor ata sekolah bisa lancar sesuai kebutuhan ruangan dengan memperhatikan semua perangkat yang ada didalamnya. walaupun sepertinya sepele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *