Kaca Tempered untuk Aquarium

Mengenal Berbagai Kelebihan Kaca Tempered untuk Aquarium

Siapa yang sudah pernah pergi ke SeaWorld? Bagi Anda yang sudah pernah pergi ke sana pasti pernah melihat aquarium terbesar yang terletak di bawah laut. Benar-benar mengagumkan bukan? Anda bisa melihat keindahan bawah laut dengan berbagai macam jenis biota dan hewan laut dengan mata telanjang dan tanpa repot-repot harus menyelam menggunakan peralatan menyelam atau snorkeling.

Bagi orang-orang yang berminat dengan dunia air tentu sudah tidak asing dengan yang namanya aquarium. Bentuk dari aquarium itu sendiri bisa berbentuk bulat, kotak, persegi panjang atau lorong seperti di SeaWorld. Biasanya bahan pembuatan aquarium berasal dari kaca jenis tempered 5 mm sampai 12 mm. Untuk harga kaca tempered 10 mm berkisar Rp. 410.000 tergantung dari wilayah toko yang menjualnya. Lalu, kenapa harus kaca tempered? Tentu saja kaca ini memiliki beberapa kelebihan sehingga cocok dipakai untuk pembuatan aquarium. Yuk simak berbagai kelebihannya di bawah ini.

Tahan Terhadap Panas

Kelebihan pertama yang dimiliki kaca tempered adalah tahan terhadap suhu panas, sehingga sangat cocok dipakai sebagai bahan dasar pembuatan aquarium. Ikan dan tumbuhan air memerlukan suhu yang sejuk, kaca tempered membantu mewujudkannya karena bisa memantulkan panas dengan baik. Berbeda dengan kaca jenis biasa yang justru jika terkena panas akan mudah pecah.

Tahan Benturan dan Anti Gores

Kelebihan lain yang dimiliki kaca tempered adalah tahan terhadap benturan dan anti gores. Hal ini dikarenakan kaca tempered memiliki kekuatan 4 (empat) sampai 5 (lima) kali lebih kuat dari kaca jenis biasa. Daya tahan dari kaca ini juga sudah teruji, tidak mudah tergores akibat kelalaian pemilik. Itulah sebabnya kaca jenis tempered banyak digunakan untuk aquarium yang terkadang sering terkena benturan sewaktu dipindahkan.

Memiliki Kekuatan Lebih Tinggi

Kaca tempered sudah melalui beberapa proses penguatan sehingga terjamin kekuatannya. Aquarium berbahan kaca tempered tidak mudah pecah dan tahan terhadap perubahan cuaca. Apabila ingin memiliki aquarium, belilah aquarium berbahan kaca tempered yang sudah terpasang. Harga kaca tempered 10mm terpasang adalah Rp. 700.000 tergantung dari ukuran aquarium yang diinginkan.

Keamanan Lebih Terjamin

Kenapa aquarium kaca tempered lebih aman dibanding kaca biasa? Tentu saja karena aquarium berbahan kaca tempered diproses dengan melalui beberapa proses penguatan, sehingga tidak mudah rusak. Meskipun aquarium pecah karena kelalaian, pecahan dari kaca tempered tersebut tidak akan melukai tubuh karena bentuk pecahannya bulat dan tumpul. Berbeda dengan pecahan kaca biasa yang berbentuk tajam dan bisa melukai tubuh.

Baca juga: Kiat Mudah Rawat Movable Partisi Untuk Fungsi Optimal Setiap Saat!

Lebih Berkualitas

Kaca tempered melalui proses pengerasan dengan cara dipanaskan pada suhu mencapai 70 °C dan didinginkan secara tiba-tiba membuat kaca ini memiliki kualitas yang tinggi. Secara visual, kaca tempered mempunyai kejernihan yang hampir sama dengan crystal clear. Tentu saja karena alasan itulah, kaca ini sangat cocok dipakai untuk bahan aquarium.

Pembuatan aquarium dengan kaca tempered juga harus disesuaikan dengan ketebalannya. Untuk ketebalan 10 mm digunakan untuk membuat aquarium yang berukuran 120 cm sampai 150 cm, sedangkan ketebalan 12 mm untuk aquarium yang berukuran 150 cm keatas. Harga kaca tempered 10mm bisa bervariasi tergantung dari kualitas dan merk kacanya. Namun selain kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan diatas, ternyata kaca tempered juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa dilubangi dan jika rusak di satu bagian akan cepat menjalar ke bagian lainnya. Itulah beberapa hal dari kaca tempered aquarium yang wajib diketahui sebelum membeli aquarium untuk hiasan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *