Mengenal Desain Interior Post Modern

Mengenal Desain Interior Post Modern, Lebih Fleksibel Mengikuti Fungsi Bangunan

Bergesernya masa dari waktu ke waktu yang membawa keadaan semakin maju hingga menuju saat ini, yang pada umumnya disebut sebagai jaman modern. Sebetulnya istilah yang digunakan ini adalah kurang tepat, sebab sejak sekitar dua abad yang lalu orang sudah menyebut sebagai jaman modern.

Memperkenalkan Konsep Post modern dan Tempat Jual Plafon Gypsum Murah

Sejak tahun 1970 an hingga sekarang, muncul sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut era sekarang, yaitu post modern yang sering juga disebut dengan Postmo. Seorang tokoh filsafat bernama Jean Francois Lyotard adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep post modern dalam filsafat, yang sebelumnya dalam dunia arsitektur telah lama menggunakan istilah ini.

 

Mengutip istilah dari Wikipedia, post modern merupakan gaya yang sejak tahun 1070 telah dipopupulerkan serta merupakan pertentangan dari desain modern yang simpel dan minimalis. Dipopulerkan oleh Ludwig Mies Van Der Rohei, desain post modern tampil dalam sisi yang maksimal dari sudut ruangan yang kompleksitas dan kontradiksi.

Postmo, Jawaban dari Kejenuhan Desain Bangunan Modern

Dilihat dari sisi arsitektur, postmo hadir sebagai jawaban atas kejenuhan terhadap gerakan arsitektur modern yang memiliki gaya desain terlalu kaku, terikat dengan aturan serta mengedepankan efisiensi dan fungsi dalam membangun. Sedangkan dalam arsitektur postmo lebih bersifat pluralis serta bentuk-bentuknya baru, beraneka ragam dan imajinatif. Harga plafon gypsum murah menjadi pilihan untuk belanja bahan bangunan.

Robert Venturi, seorang arsitek yang menganut postmodern, berkebangsaan Amerika menyampaikan sebuah pernyataan : Less is bore yang artinya suatu yang minimalis itu membosankan. Dari apa yang diyakininya, dalam setiap bentuk karya-karyanya Venturi sering menghindari betuk-bentuk minimalis. Usai perang dunia II, pernyataan less is bore jauh lebih populer berkat postmo.

 

Dalam Desain interior post modern, titik emosional menjadi penekan serta aturan fungsional modernisme klasik dikesampingkan. Postmo memadukan sudut yang tidak konvensional dan simetris serta campuran bahan yang digunakan, termasuk tempat jual plafon gypsum.

Disamping itu, suasana hati dan selera humor juga menjadi elemen umum dalam lingkungan postmo. Suasana yang berbeda selalu ditawarkan dalam desain ini. Ruangan yang bukan hanya nyaman untuk ditempati, namun juga relax bagi tubuh, pikiran dan jiwa, itulah selalu berusaha dihadirkan dalam postmo. Oleh sebab itu, postmo dianggap mampu memberikan suasana kegembiraan dan memberi energi, dengan form follows emotion menjadi kaidahnya

Pengaruh Gaya The Memphis dalam Desain Postmo

Ettore Sottas, desainer dari Italia memperkenalkan bentuk kolaboratif yang dikenal dengan gaya Memphis. Dalam gaya ini, mampu menujukan karakteristik postmo. Penekanannya pada beberapa warna tertentu seperti merah muda, merah tomat, biru cerah hingga motif-motif berwarna hitam ditampilkan dengan aplikasi material industri seperti sengatan kaca dengan harga plafon gypsum murah.

Menurut sejarahwan di dunia desain, Ed Sexton dan Doug Taylor, perpendabat berbeda dari Ettor Sottas, karakter gaya Memphis menampilkan warna ungu, merah, kuning, hijau, biru kehijauan dalam mengekplorasi warna. Demikian juga terkadang warna hitam atau putih sebagai aksen dalam wujud motif dan mozaik juga dihadirkan. Warna-warna yang cenderung tebal menjadi pilihannya, kombinasi yang rumit dan unik, ciri khas gaya Memphis untuk menampilkan bentuk garis, motif bunga atau kulit hewan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Granit yang Berkualitas

Kehidupan yang kosmopolitan, kreatif  dan nyeni, dengan ide-ide yang unik  dapat dicerminkan dalam tampilan gaya Interior pasca modern yang terinspirasi dari Memphis style. Suatu cerminan dari penghuni yang menyukai sesuatu yang berbeda dalam mengkolaborasikan dekorasi. Untuk memberikan kesan harmonis dapat dilakukan dengan memadukan kursi futuristik dan cupboard dalam satu  ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *