Matahari Pagi

Sehat Mana Sinar Matahari Pagi Atau Sore Bagi Kehidupan Manusia?

Matahari adalah titik pusat dari sistem tata surya, memiliki bentuk yang hampir bulat. Tata surya merupakan rangkaian planet yang berputar mengelilingi matahari, termasuk bumi tempat tinggal kita saat ini. Perputaran tersebut mengakibatkan terjadinya siang yang dan malam. Semakin planet dekat dengan dengan matahari, maka semakin panas pula suhu yang dimiliki planet tersebut. Hal ini terjadi karena matahari merupakan sumber panas terbesar dan tertinggi di alam semesta ini. Bila tidak ada matahari maka kehidupan ini tidak akan pernah ada. Karena makhluk hidup perlu kehangatan cahaya matahari dan air untuk tumbuh dan berkembang. Sekaligus, sinar matahari dapat menyehatkan tubuh karena mengandung vitamin D dengan cara berjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Jadi, matahari mempunyai peran paling penting dalam segala hal. Berikut beberapa peran yang dimiliki matahari :

1. Cahaya matahari dimanfaatkan oleh seluruh makhluk hidup karena sinar kehangatan yang dapat dirasakan. Bagi tumbuhan, cahaya matahari digunakan untuk keberlangsungan fotosintesis sehingga dapat tumbuh dan berkembang dan menghasilkan oksigen. Sedangkan bagi manusia, matahari dapat menyehatkan tubuh ketika berjemur di bawah sinar matahari langsung.

2. Akibat rotasi bumi yang mengelilingi matahari menyebabkan adanya pergantian jam, hari, bulan, tahun, siang malam, dan pergantian musim.

3. Panas matahari dapat dimanfaatkan sebagai teknologi modern, yaitu pembangkit listrik dengan menggunakan penemuan panel melalui sinar matahari dimana energi tersebut dapat terbarukan.

4. Titik pusat dari sistem tata surya yang ada di alam semesta ini.

 

Sinar Matahari Pagi Atau Sore yang Lebih Menyehatkan?

Matahari Sore

Nah, sekarang yang akan kita bahas adalah manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh. Menurut Anda sinar matahari mana yang paling menyehatkan tubuh? Ya, tepatnya sinar matahari yang paling cocok untuk berjemur adalah sekitar jam 6 sampai jam 9 pagi. Selain jam tersebut, sinar matahari dapat mengandung radiasi ultraviolet yang sangat tinggi dan dapat membahayakan kulit jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Untuk menghindari radiasi tersebut Anda dapat berjemur melalui kaca tempered, sehingga radiasi utraviolet yang ditimbulkan oleh sinar matahari tidak terpapar langsung mengenai kulit. Anda juga tidak perlu khawatir untuk berjemur kapan saja, karena sudah terlindungi oleh kaca. Sebenarnya apa saja sih manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh? Simak beberapa ulasan terkait sebagai berikut :

1. Matahari mengandung vitamin D yang sagat dibutuhkan oleh tubuh, Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dengan cara cuma-cuma yaitu berjemur di bawah sinar matahari.

2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena secara tidak langsung ketika berjemur maka antibodi meningkat. Sehingga Anda akan lebih sehat dan jarang terkena penyakit, salah satunya penyakit flu yang mudah sekali menular.

3. Menjadikan kualitas tidur lebih baik, terjadi karena hormon melatonin dan berapa lama Anda berjemur di bawah sinar matahari. Sekaligus, dapat membentuk tulang dan memperbaiki tulang.

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Ruangan Dengan Wallpaper Motif Batik Untuk Dipadukan Gaya Modern

4. Meningkatkan saluran pernapasan, hal ini terjadi karena glikogen meningkat dan saluran darah membawa oksigen lebih baik setelah berjemur di bawah sinar matahari.

5. Dapat mengurangi ancaman terkena berbagai penyakit, yaitu dapat mengurangi gula darah, kolestrol, tekanan darah, pembunuh bakteri dan infeksi, dan masih banyak lagi.

So, jangan sampai berbagai manfaat ini terlewatkan yang guys. Anda dapat menikmati sinar matahari kapan saja Anda inginkan tanpa takut terkena radiasi ultraviolet, dengan cara berjemur melalui kaca. Harga kaca tempered 10mm terpasang sekitar Rp.140.000 saja loh, tunggu apa lagi. Hal ini dilakukan guna menunjang kesehatan Anda, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. True?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *