Gaya Industrial Pada Ruang Tamu

Tatanan Gaya Industrial Pada Ruang Tamu yang Elegan

Desain industrial adalah gaya yang unik dan identik dengan interior yang sering diterapkan pada bangunan umum bernilai komersial, seperti kantor, ataupun café. Namun dalam perkembangannya, gaya industrial mulai banyak diminati orang untuk diterapkan sebagai desain rumah tepatnya pada bagian ruang tamu. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat desain bergaya industrial, seperti bahan material yang sering digunakan, jendela kaca yang di desain lebih luas, serta  penggunaan karpet lantai sebagai pendukung kesan formal pada ruang tamu.

Daya Tarik Gaya Industrial

Sejak pertama kali diterapkan, gaya industrial sudah banyak menarik minat pecinta desain rumah yang mewah dan unik. Keberadaannya yang meniru suasana pabrik, atau kantor, serta bengkel membuatnya memberikan kesan lebih maskulin dan elegan. Banyak pemilik rumah yang menjadikan ruang tamu sebagai titik fokus utama dalam desain yang ada di rumahnya. Hal ini disebabkan karena ruang tamu sebagai tempat strategis untuk menerima tamu dan desain nya menjadi simbol pemilik rumah.

Bagian yang Sering Ditampilkan pada Desain Industrial

Ada beberapa bagian pada ruang tamu yang didesain khusus gaya industrial. Bagian-bagian tersebut kemudian menjadi ciri khas dari gaya industrial pada ruangan, di antaranya

1. Penggunaan Material

Material yang sering digunakan pada ruang tamu bergaya industrial adalah penggunaan material ruangan, yang biasanya menggunakan bahan yang tidak biasa. Seperti warna emas dan tembaga yang sering ditonjolkan pada material ruangan, dinding bata yang sengaja di tampilkan, atau lantai berwarna  semen yang menampilkan bangunan industri.

Namun lantai semen biasanya tidak benar-benar menggunakan semen sebagai bahannya, melainkan menggunakan karpet lantai dengan warna semen atau beton yang mudah didapatkan di toko lantai karpet. Dengan demikian, gaya industrial yang tertata rapi dapat terlihat dari penggunaan materialnya yang berkualitas.

2. Penggunaan Jendela Besar Pada Ruang Tamu

Ruang tamu dengan gaya industrial bisa ditampilkan dengan menggunakan jendela yang cukup besar, serta kursi yang justru ditata menghadap ke jendela tersebut.

3. Pilihan Warna

Warna yang sering digunakan dalam membuat ruang tamu bergaya industrial adalah warna-warna yang memberikan kesan netral dan gelap seperti  abu-abu, cokelat, serta hitam. Namun jika seseorang merasa monoton dengan warna-warna tersebut, bisa juga dengan memberinya warna lain yang tetap terkesan tegas dan gelap, seperti warna hijau tua sebagai penghias kursi ruang dilengkapi dengan tanaman dalam pot yang juga berwarna hijau.

Tidak ketinggalan lantai dan dinding yang memiliki warna senada, seperti dinding yang menonjolkan bata, atau warna kayu, maka lantai yang digunakan senada menggunakan warna bata atau kayu. Seseorang tidak harus membuat lantai dengan bahan kayu atau bata, namun bisa mencari karpet lantai dengan warna-warna senada untuk melapisi warna lantai asli.

4. Dekorasi

Hal yang paling menonjol dari ruangan bergaya industrial ada pada dekorasi yang diciptakan tangan manusia itu sendiri. Jika seseorang menginginkan gaya rumah bertemakan bengkel, maka warna yang dipilih, serta tatanan kursi dan hiasan dindingnya harus disesuaikan. Seperti memberikan hiasan sepeda unik pada dinding ruangan. Selain itu, pilihan bentuk sofa serta  bantal, dan mejanya juga harus mendukung kesan ruangan bengkel yang ingin ditonjolkan. Pilihan karpet lantai yang digunakan juga harus dihias dengan pilihan desain yang menyesuaikan,  setidaknya dari segi warna atau motif.

Demikian tatanan ruang tamu dengan gaya industrial yang bisa dijadikan rujukan bagi seseorang yang menginginkan ruang tamu tampak lebih unik dan elegan. Sebelum memutuskan untuk menciptakan ruang tamu bergaya industrial jangan lupa untuk mencari informasi seputar material pendukung dekorasi. Seperti pilihan harga karpet, atau dekorasi dinding yang akan digunakan untuk menghiasi ruang tamu bergaya industrial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *